Yuk Kenali Perbedaan LiteSpeed Dan Apache, Biar Gak Salah Pilih Server.

Perbedaan Litespeed Dan Apache–Bagi para pengembang website atau para bloger sudah pasti mengenal, dan paling tidak pernah mendengar apa itu web server LiteSpeed maupun Apache. Sebuah teknologi server yang mendukung performa web site menjadi lebih cepat dengan beragam fitur yang dikembangan. Kedua teknologi server ini paling banyak digunakan saat ini, karena merupakan teknologi webserver yang paling mutakhir.

perbedaan litespeed dan apache

Keduanya memiliki perbedaan, masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi buat para bloger mesti faham nih, mana pilihan webserver yang tepat untuk sebuah blog. Supaya tidak salah pilih, yuk kenali apa perbedaan Litespeed dan Apache berikut ini.

Tapi sebelumnya ada sisipan iklan nih, buat para bloger yang membutuhkan hosting murah berkualitas bisa mampir di link ini yah. Salah satu penyedia hosting litespeed Indonesia yang tidak di ragukan lagi kualitasnya.

Daftar isi

Perbedaan LiteSpeed Dan Apache

Untuk memahami perbedaan kedua teknologi webserver tersebut, berikut sedikit rangkuman yang bisa kami sajikan . Semoga bisa menjadi tambahan referensi sebelum membeli server untuk blog Anda.

Apa Itu LiteSpeed

Pertama kita kenali terlebih dahulu, apa itu LiteSpeed? Litespeed ini merupakan pemain baru di dunia industri web server. Baru dikenalkan setelah 7 tahun kehadiran teknologi web server APACHE oleh LiteSpeed Industries Inc.

Namun dalam perkembangannya, LiteSpeed menjadi pilihan banyak orang karena kemampuannya untuk menangani concurrent connections ‘koneksi serentak’ meskipun menggunakan memori yang kecil.

Dan bagi pengguna Apache, tidak perlu kuatir bila ingin memindahkan web sitenya dari server Apache ke Litespeed. Sebab Litespeed mampu membaca file konfigurasi Apache. Bahkan, LiteSpeed mengklaim bahwa satu web server LiteSpeed mampu menangani data yang jika menggunakan Apache membutuhkan dua server.

Selain itu web serve litepseed memiliki beberapa kunggulan dibandingkan dengan web server Apache, diantaranya adalah:

Litespeed mampu berjalan 6x lebih cepat dibandingkan dengan Apache.

Litespeed lebih cepat 3x lipar dari Apache di SSL

Menggunakan cache LiteMage, LiteSpeed dapat membuat halaman Magneto berjalan hingga 75x lebih cepat.

Dengan sepesifikasi yang sama, Litespeed mampu menangani trafik yang sangat tinggi dibandingkan dengan Apache.

Baca juga : 188 Nomor Apa Ya? 

Apa Itu Apache

Seperti yang sudah sedikit disinggung diatas, Apache merupakan teknologi web server yang hadir lebih dahulu, yakni tahun 1995 untuk pengembangan situs web.

Kepopuleran teknologi web server ini adalah kemampuannya menjadi server yang stabil dan aman. Dan yang menarik dan menjadi kelebihan web server apache adalah disediakan secara gratis, sehingga dapat di gunakan oleh siapa saja.

Dirangkum dari situs BuyCpanel, pada kasus tertentu, seb server Apache mampu dan dapat berfungsi hampir sama dengan LiteSpeed di dalam menghadapi ancaman atau serangan di salah satu sisi. Namun di sisi lain Apache mengalami crash sedangkan LiteSpeed Web Server dapat berjalan dengan baik untuk menghadapi ancaman.

Kesimpulan

Dari ringkasan diatas, dapat diambil kesimpulan. Bahwa web server Litespeed memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan web server Apache. Fitur lengkap, performa yang lebih cepat dan fitur keamanan yang cukup handal untuk menangani serangan dibandingkan dengan Apache.

Namun untuk dapat menggunakan semua fitur itu, kamu harus memiliki anggaran untuk berlangganan. Berbeda dengan Apache yang tersedia gratis dan dapat digunakan siapa saja.

Demikian ulasan bagaimana perbedaan litespeed dan apache, semoga ulasan mengenai apa itu LiteSpeed dan perbandingan antara LiteSpeed Vs Apache di artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Pos terkait