4 Cara Transfer Uang Lewat HP, Mudah, Cepat dan Aman

Cara transfer uang lewat hp di era modern saat ini bukan lagi sesuatu yang hal yang baru, sebab hampir semua perbankan menyedianya fitur tersebut. Bahkan saat ini lebih banyak lagi aplikasi dompet digital yang juga memberikan kemudahan cara transfer lewat handpone.cara transfer uang lewat hp

Sungguh sangat menghemat waktu, tenaga dan lainnya, dengan hanya melalui handphone kini tak perlu lagi antri panjang dan harus datang ke kantor bank terdekat maupun gerai atm untuk melakukan transfer uang. Terlebih disaat pandemi covid-19 yang belum juga reda, cara transfer uang lewat hp ini menjadi pilihan wajib untuk melakukan transaksi keuangan tanpa perlu ke Bank.

Daftar isi

Kenali 4 Cara Transfer Uang Lewat HP

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, hampir semua bank di Indonesia. Mulai dari bank BRI, Bank Mandiri, Bank BCA dan bahkan boleh dikata hampir seluruh lembaga keuangan yang bernama bank sudah menyediakan layanan transfer uang lewat hp.

3 layanan transfer uang lewat hp itu sering disebut dengan SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking. Dan ketiga fitur layanan transfer uang tersebut telah dimiliki oleh semua bank yang ada di Indonesia. Jadi dengan memanfaatkan layanan tersebut, kini transfer uang tidak perlu lagi ke atm atau ke bank yang merupakan langkah jadul yang mesti ditinggalkan.

Untuk kamu yang ingin mengetahui cara transfer uang lewat HP, berikut ini kami sajikan beberapa caranya yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

1. SMS Banking

Sebuah layanan perbankan yang disediakan oleh bank untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Tidak hanya untuk cek saldo, namun dengan SMS banking nasabah dapat melalukan pembelian pulsa handphone, pulsa listrik bahkan transfer sesama rekening maupun ke rekening bank lain.

Kalo jaman sekarang, mungkin SMS Banking terkesan ketinggalan zaman. Namun SMS Banking akan sangat bermanfaat apabila Anda sedang tidak memiliki paket data internet atau tidak tersambung dengan internet atau mungkin juga koneksi internet Anda sedang mengalami gangguan. Anda tetap dapat melakukan transaksi keuangan tanpa perlu ke ATM atau ke kantor bank terdekat. Namanya juga SMS banking, untuk menjalankannya hanya perlu pulsa untuk mengirim pesan.

Nah, untuk dapat menggunakan SMS Banking sebagai salah satu cara transfer uang lewat hp. Anda perlu melakukan pendaftaran nomor HP Anda terlebih dahulu dengan cara datang langsung ke kantor bank terdekat. Setelah pendaftaran diproses dan sudah diaktifkan oleh customer service, selanjutnya Anda dapat melakukan transaksi dengan satu nomor yang sudah Anda daftarkan. Selain itu, Anda juga akan memperoleh notifikasi setiap kali ada transaksi perbankan melalui SMS.

2. Mobile Banking

Berbeda dengan SMS Banking, untuk dapat menggunakan fasilitas Mobile banking diperlukan HP smartphone Android atau Ios sebab harus menginstal aplikasi Mobile Banking terlebih dahulu. Dan untuk melakukan melakukan transaksi  menggunakanMobile Banking, diperlukan koneksi internet.

Sama halnya dengan SMS Banking, untuk dapat menggunakan mobile banking. Anda harus melakukan pendaftaran nomor telepon yang khusus akan digunakan transaksi Mobile Banking. Pendaftaran mobile banking dapat dilakukan melalui ATM atau langsung melalui aplikasi mobile banking, namun agar dapat digunakan transaksi keuangan Anda perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Dan untuk aktivasi mobile banking, Anda harus datang ke kantor bank terdekat.

Nah, yang menjadi keunggulan mobile banking adalah lebih mudah digunakan. Saat melakukan transaksi tidak diperlukan kode khusus seperti SMS banking. Hanya perlu login ke aplikasi mobile banking, dan memilih menu transaksi sesuai kebutuhan.

3. Internet Banking

Dari sisi kebutuhan untuk mengopersikan, antara mobile banking dengan internet banking tidaklah berbeda. Keduanya memerlukan koneksi internet untuk dapat menggunakannya. Yang membedakan dari keduanya adalah, pertama internet banking diakses melalui browser internet di hanphone, sedangkan mobile banking melalui aplikasi yang di install di HP. Yang kedua, Internet Banking memiliki limit transaksi yang lebih besar (berbeda kebijakan di tiap bank) dibandingkan Mobile Banking.

Yang selanjutnya Internet Banking membutuhkan token untuk melakukan transaksi, sebab saat bertransaksi menggunakan internet banking diperlukan kode verifikasi pengiriman dalam bentuk angka.

Sama dengan kedua cara transfer uang lewat hp diatas, agar dapat menggunakan fasilitas internet banking, anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Adapun bagaimana cara pendaftarannya telah kami ulas pada artikel sebelumnya dan anda bisa membacanya di link berikut:

2 Cara Daftar Internet Banking BNI dan Aktivasinya

2 Cara Daftar Internet Banking Bukopin Dan Aktivasinya

4. Aplikasi E-Wallet atau Payment Gateway

Selain melalui fasilitas dari pihak bank yang sudah disebutkan diatas, cara transfer uang lewat hp juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan pihak ketiga baik e-wallet maupun payment gateway.

Untuk dapat menggunakan layanan ini, Anda memerlukan HP android atau Ios. Sebab Anda harus menginstall aplikasi tersebut pada smartphone Anda. Beberapa aplikasi yang menghadirkan layanan transfer uang lewat hp yang saat ini sedang banyak digunakan diantaranya, Flip, OVO, GOPAY, DANA, atau LINKAJA dan lainnya.

Beberapa aplikasi tersebut memang saat ini sedang naik daun karena dinilai efisien dalam melakukan transaksi termasuk transfer uang. Bahkan dengan menggunakan salah satu aplikasi diatas, Anda tidak akan dikenakan biaya transfer saat melakukan transfer ke rekening bank lain.

Padahal, melalui SMS Banking, Mobile Banking maupun Internet Banking. Kamu akan dikenakan biaya transfer sebesar 6500 saat melakukan transfer ke rekening bank lain. Jauh lebih hemat dan lebih mudah, Anda juga tidak lagi perlu memasukan kode bank. Cukup dengan memilih nama bank dan nomor rekening tujuan, Anda sudah bisa melakukan transfer ke mana dan kapan saja.

Transfer uang lewat HP apa namanya?

Transfer uang lewat hp dapat dilakukan dengan banyak cara, mulai dari sms banking, mobile banking, internet banking maupun melalui aplikais pihak ketiga yang saat ini sudah cukup banyak dan trend digunakan oleh masyarakat. Bahkan, salah satu aplikasi tersebut tanpa perlu biaya admin saat transfer ke rekening bank lain.

Apakah bisa transfer lewat HP?

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, transfer lewat hp bukan lagi hal sulit. Tidak saja pihak dari pihak bank yang menyediakan fasilitas kemudahan transfer uang lewat hp. Tapi sudah cukup banyak aplikasi pihak ketiga yang memudahkan untuk melakukan transfer uang lewat handphone. Diantara aplikasi yang sangat populer saat ini digunakan yakni, Flip, OVO, Dana, LinkAja dan lainnya.

Aplikasi apa yang bisa transfer lewat HP?

Sudah cukup banyak aplikasi yang menyediakan layanan transfer uang lewat HP. Bahkan diantaranya, tidak perlu biaya admin saat melakukan transaksi transfer uang ke rekening bank berbeda dari rekening kita. Jadi lebih hemat, mudah dan cepat, sebab dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja.

Apakah BRI bisa transfer lewat HP?

BRI telah menyediakan layanan transfer uang lewat HP, baik melalui SMS Banking, Mobile Banking BRI maupun Internet banking BRI. Untuk dapat menggunakannya, Anda perlu melakukan pendaftaran dan aktivasi sebelumnya. Adapaun cara daftar internet banking BRI dapat di baca di sini.

Demikian, informasi tentang 3 cara transfer uang lewat hp secara cepat, mudah dan aman. Semoga bermanfaat.

Pos terkait